Jumat, 09 Mei 2008

3 TAHUN UNTUK MENSIASATI LINGKUNGAN

Saya bukan orang yang anti bisnis, kadang-kadang saya bermain monopoli di rumah bersama keluarga. Saya juga bekerja di perusahaan (swasta), jadi saya pikir tidak ada yang salah dengan bisnis. Dan, saya juga sedih melihat kawasan hutan lindung menjadi porak poranda, komunitas orang hutan terjepit, gajah lampung mati diburu masyarakat, hutan bakau berubah jadi syahbandar atau bandara, sumur masyarakat kering karena hutan mereka hilang, dan sekarang tentang pemanasan global, sampai-sampai saya bingung sendiri, kapan musim hujan dan kapan musim kemarau, karena sudah hampir satu tahun walau siangnya terang tiba-tiba hujan.

Masalah lingkungan yang kita hadapi saat ini hampir ribuan jumlahnya dan tak ada penyelesaian yang memuaskan bagi banyak orang. Tapi saya juga senang dengan penemuan teknologi ramah lingkungan dan gaya baru yang dianut (green lifestyle) oleh anak muda sekarang, walau kelihatan masih polos.

Saya coba bercermin ke diri sendiri, bagaimana jika saya diberi tambahan umur 70 tahun lagi. Mungkin lingkungan yang saya diami saat ini tidak akan sama lagi. Mungkin saja saya terserang penyakit kanker kulit karena polusi udara, mungkin ada saudara saya yang mati karena keracunan dari air yang dikonsumsinya. Semua yang ada di sekitar saya justru mengancam jiwa saya dan orang-orang yang saya cintai.

Mungkin juga perusahaan-perusahaan besar yang saya kenal sekarang sudah tidak terdengar lagi karena tidak mampu menahan biaya produktifitas yang tinggi sebagai akibat mahalnya sumber daya alam. Yang saya takutkan adalah, bagaimana jika Indonesia yang hijau dan subur ini menjadi gurun sahara yang panas dan kosong tanpa tetumbuhan.

70 tahun, bukankah waktu yang cukup bagi kita untuk memulai sesuatu agar bayangan/mimpi buruk itu tidak akan terjadi. 70 Tahun juga waktu yang cukup untuk melakukan berbagai macam penelitian, serta merubah perilaku kita.

3 tahun dari 70 tahun adalah waktu yang tepat untuk mengubah prinsip hidup Anda yang positif bagi lingkungan.

3 tahun dari 70 tahun adalah waktu yang tepat untuk menyusun budaya perusahaan dan strategi perusahaan masa depan.

3 tahun dari 70 tahun adalah waktu yang tepat untuk memulai penelitian yang akan menghasilkan produk inovatif, canggih dan berbasis lingkungan.

3 tahun dari 70 tahun adalah waktu yang tepat untuk mulai mencintai lingkungan dan berbuat sesuatu untuk lingkungan.


3 tahun dari 70 tahun adalah waktu yang tepat untuk menyusun kurikulum pendidikan lingkungan dan dasar-dasar teknologi berbasis lingkungan.

3 tahun dari 70 tahun adalah waktu yang tepat untuk menyusun peraturan dan kebijakan mengenai produktifitas berbasis lingkungan.

3 tahun dari 70 tahun
adalah waktu yang tepat untuk memulai era bisnis berbasis lingkungan.

Dan akhirnya, 70 tahun kemudian kita akan tidur tenang karena mimpi buruk itu bisa dihindari, karena selama 70 tahun saya akan terus memberikan semangat kepada Anda untuk memulai era bisnis berbasis lingkungan.

Tidak ada komentar: